Ujian Mid PLS

Petunjuk Pengerjaan Soal :
a. Tuliskan nama, program studi, dan Semester di lembar jawaban Anda
b. Jawaban dikirim melalui email, ke sidizahrin@gmail.com. Jawaban dikirim paling lambat 2 jam setelah ujian berakhir.
S o a l
1. Pendidikan di sekolah cenderung disebut sebagai pendidikan formal, pendidikan di keluarga sering disebut pendidikan informal, dan pendidikan di tengah masyarakat sering disebut sebagai pendidikan nonformal. Jelaskan
a. Alasan yang mendasari penyebutan tersebut
b. Apa sesungguhnya yang dimaksud dengan Pendidikan Luar Sekolah itu?
2. Ki Hadjar Dewantara menyatakan, pendidikan berlangsung di tiga tempat utama yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. UU tentang Sistem Pendidikan Nasional (sisdiknas) Nomor 20 tahun 2003 mencantumkan bahwa pendidikan berlangsung melalui tiga jalur, yaitu pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal. Dari tiga tempat/jalur itu:
a. Di manakah tempat Pendidikan Luar Sekoah itu?
b. Meliputi apa saja ruang lingkup Pendidikan Luar Sekolah tersebut?
3. Dari segi perencanaan¬, Boyle membedakan program PLS ke dalam tiga lingkup, yaitu, developmental, institutional, dan informational. Jelaskan program-program apa saja yang masuk ke dalam lingkup developmental, institutional, dan informational dimaksud?
4. Dunia kehidupan orang dewasa adalah dunia kehidupan yang riel, artinya bukan dunia imajinasi seperti dunia orang yang sedang berkhayal atau bermimpi, dan bukan pula dunia permainan seperti dunia kehidupan anak-anak. Jelaskan, bagaimanakah proses belajar oang dewasa itu? Apa nama disiplin ilmu yang membahas pendidikan orang dewasa tersebut?
5. Kurikulum adalah sesuatu yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Komponen apa sajakah yang dibutuhkan dalam suatu kurikulum?


Nama : Rini Nurmaini
Prodi : PAI semester IV
NPM : 18081005

Lembar Jawaban :
1.a). Karena pendidikan di sekolah adalah pendidikan yang diakui dan disahkan oleh negara sehingga ketika seorang anak telah menyelesaikan pendidikannya di sekolah baik itu sekolah TK, SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi maka anak tersebut akan mendapat bukti / ijazah dari pendidikan yang telah di selesaikannya.
Sedangkan pendidikan di keluarga atau masyarakat adalah pendidikan yang jika anak berhasil melaksanakannya atau menyelesaikannya tidak akan mendapat bukti atau penghargaan atas apa yang dia lakukan sebab pendidikan dikeluarga atau masyarakat cenderung bersifat keuntungan tersendiri. Jika ada hal baik yang di dapat anak dalam lingkungan keluarga dan masyarakat nya maka itu merupakan prestasi bagi anak untuk menjadi manusia yang berguna bagi keluarga atau pun orang lain di sekitarnya.

b) PLS adalah segala kegiatan pendidikan yang berlangsung di luar sistem persekolahan (pendidikan formal).

2.a) PLS bertempat di informal karena menurut pengaplikasiannya pendidikan PLS adalah pendidikan yang telah di dapat oleh seorang individu baik dari lingkungan keluarga maupun dari lingkungan formal.
b) Ruang lingkup PLS menyangkut berbagai aspek kehidupan dari berbagai usia, tempat, dan kebutuhan. Ruang lingkup PLS menjangkau keseluruhan kegiatan pelayanan pendidikan di luar sekolah, pelayanan diselenggarakan oleh pemerintah atau departemen dan juga dilaksanakan oleh seluruh masyarakat yang mampu membimbing dan melaksanakannya.

3. Program yang masuk ke dalam lingkup developmental, institutional, dan informational menurut Boyle adalah program pemberdayaan masyarakat. Yaitu sebuah program yang dikenal dengan istilah pengembangan masyarakat atau pembangunan masyarakat desa.
4. Filsafat pendidikanyang mana pendidikan sebagai proses pertumbuhan eksistensial manusia. Dan psikologi pendidikan yang mengkaji bagaimana manusia belajar dalam latar atau situasi pendidikan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi belajar dan psikologi sosial.
5. Komponen yang dibutuhkan kurikulum ada lima yaitu:
Tujuan
Materi
Strategi pembelajaran
Organisasi kurikulum
Evaluasi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Lupakan Aku

Met Milad Kak Rita

Teman yang Bagaimana Kamu?