Perkembangan Kurikulum PAUD

Perkembangan Kurikulum PAUD Pasca Kemerdekaan Hingga Sekarang

  Kurikulum dalam dunia PAUD dapat diartikan seperangkat bahan ajar mencakup tujuan isi dan bahan belajar, khususnya pada siswa usia dini (0-6 tahun) untuk mencapai tumbuh kembang secara optimal. Perkembangan kurikulum PAUD di Indonesia ini berawal pada tahun 1964 hingga sekarang.
Kurikulum Tahun 1964
   Pada tahun 1964 kurikulum untuk PAUd lebih dikenal dengan rencana pendidikan yang mana menerapkan sistem pendidikan pancawardhana yaitu siswa diarahkan pada perkembangan menjadi manusia Pancasila yang bertanggung jawab sehingga terselerangganya masyarakat yang adil dan makmur.
   Setelah kurikulum tahun 1964, pemerintah membenahi kurikulum pada tahun 1968 dengan adanya pedoman resmi bagi penyelenggaraan pendidikan Taman Kanak-kanak di Indonesia. Hal ini dilakukan pada bidang pendidikan khususnya pada pendidikan prasekolah sebagai upaya pembenahan dan peninjauan konsep dan praktek penyelenggaraan pendidikan prasekolah di Indonesia.
Kurikulum Tahun 1976
   Selanjutnya, delapan tahun kemudian tepatnya tahun 1976 melalui keputusan Mendikbud No.054/U/1977 pasal 6 menjelaskan bahwa pendidikan agama pada pendidikan di TK (Taman Kanak-kanak) diintegrasikan ke dalam bidang pengembangan Pendidikan Moral Pancasila, bahasa daerah dijadikan sebagai bahasa pengantar dan persiapan membaca, menulis, dan berhitung untuk persiapan anak masuk sekolah dasar pada pendidikan scholastic.
Kurikulum Tahun 1984
   Kurikulum 1976 yang disempurnakan lagi pada tahun 1984, yang mana pendidikan TK disesuaikan dengan bakat, minat, kemampuan dan kebutuhannya supaya siswa lebih mudah bergerak dan dapat memilih kegiatan sesuai dengan kebutuhan, minat dan kemampuan mereka. Sehingga pada tahun 1984 ini pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas yang berorientasi pada Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA).
Kurikulum Tahun 1986
Pada tahun 1976 yang disempurnakan lagi tahun 1986  mengacu kepada tujuan pendidikan nasional yang digariskan GBHN 1983 yaitu :
1. Meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, daya cipta yang diperlukan untuk hidup di lingkungan masyarakat.
2. Memberikan bekal kemampuan dasar untuk memasuki jenjang sekolah dasar
3. Memberikan bekal untuk mengembangkan diri sesuai asas pendidikan sedini mungkin dan seumur hidup.

Kurikulum Tahun 1994
   Pada tahun 1994, pemerintah memutuskan TK (Taman kanak-kanak) sebagai bagian dari pendidikan prasekolah telah diatur oleh Peraturan pemerintah no. 27 tahun 1990 tentang pendidikan prasekolah dan secara khusus telah pula diatur dalam kepmendikbud RI No. 0486/Zu/1992 tentang TK, pada kurikulum 1994 pembelajaran menggunakan tema dan sub tema yang merupakan pokok bahasan yang dikembangkan lebih lanjut oleh guru menjadi program kegiatan pembelajaran yang operasional. Bahasan tema yang diambil mulai dari lingkungan yang terdekat dengan anak.
   Perbedaan yang paling mencolok pada kurikulum tahun 1994 dengan kurikulum 2004 yakni pada cara bagaimana anak belajar di kelas. Pada kurikulum tahun 1994 menggunakan sistem catur Wulan. Sedangkan kurikulum tahun 2004 menggunakan sistem semester. Para siswa dituntut aktif mengembangkan semua aspek perkembangan anak secara optimal. Pada dasarnya guru tidak hanya bertindak sebagai fasilitator, namun juga sebagai motivator dalam pembelajaran. Dalam kegiatan di kelas, anak bukan lagi sebagai pendengar akan tetapi aktif berinteraksi dengan guru.
Kurikulum Tahun 2004
   Dalam kurikulum tahun 2004 anak didik dikondisikan dalam sistem semester. Kurikulum tahun 2004 taman kanak-kanak terdiri atas kerangka dasar , dan standart kompetensi taman kanak-kanak. Untuk pelaksanaan di TK dilengkapi perangkat pedoman pengembangan silabus, pedoman pengembangan pembelajaran, pedoman penilaian, dan secara bertahap akan disusun perangkat pedoman lainnya.
Kurikulum Tahun 2010
   Pada tahun 2010, pemerintah menerbitkan standar Nasional PAUD No. 58 tahun 2010. Pengembangan kurikulum pada tahun ini dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) lebih mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Standar Nasional PAUD merupakan hasil kajian yang dilakukan terhadap Standar Kompetensi TK/RA 2004. Standar ini ditujukan untuk seluruh anak usia dini yaitu dari usia lahir sampai 6 tahun. Sehingga kegiatan pengembangan suatu aspek dilakukan secara terpadu dengan menggunakan pendekatan tematik. Adanya perubahan kurikulum tidak hanya berubah secara label saja, namun juga diiringi dengan perbaikan sistem pendidikan PAUD khusunya, agar anak usia dini dapat mencapai perkembangannya secara optimal.
Kurikulum Tahun 2013
   Kurikulum tahun 2013 sesuai dengan peraturan pemerintah No. 23 Tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang standar Nasional pendidikan pada dasarnya penguatan terhadap kurikulum sebelumnya dan pengembangan pada aspek struktur kurikulum, proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan penilaian yang bersifat otentik.
   Karenanya kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan pada pendekatan standard dan pendekatan kompetensi . Pada implementasinya keduanya tidak terpisahkan satu dengan lainnya (luluh dan menyatu). Perlu pemetaan antara setiap program pengembangan dengan setiap kompetensi dasar. Tujuannya agar capaian perkembangan anak menjadi lebih utuh.
KTSP
   Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mengacu pada Standart Nasional Pendidikan (SNP) yang sesuai dengan Standart Nasional PAUD, maka tujuan yang hendak dicapai merupakan tingkat pencapaian perkembangan yang dijabarkan dari aspek perkembangan. Standart PAUD tersebut dikelompokkan jadi 4 Standar yaitu :
1. Standar tingkat pencapaian perkembangan
2. Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
3. Standar isi, proses dan penilaian
4. Standar sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan




Referensi :
-Artikel kompasiana
(https://www.kompasiana.com/almunawwar/54f7427ca3331152748b489b/dari-masa-ke-masa-perkembangan-kurikulum-paud-di-indonesia)
-Paud anak bermain dan belajar blogspot.co.id
(https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/2016/03/pengertian-dan-tujuan-kurikulum-2013.html?m=1).
-Dunia Dini blogspot.com
http://randinidini.blogspot.com/2012/12/perbedaan-kurikulum-paud-dari-masa-ke.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jangan Lupakan Aku

Met Milad Kak Rita

Teman yang Bagaimana Kamu?